Penyelesaian Konflik: Negosiasi atau Kompromi

Problem Solving Course Instructor
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
David Tjokrorahardjo
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
10 Video (1j 5m)
0 Materi PDF
Rp 99.000 Rp 149.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Menurut kamu, mana yang lebih cepat menyelesaikan konflik? Negosiasi atau kompromi? Sebelum membahas lebih jauh, apa sih arti dari dua kata tersebut?Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, negosiasi adalah; 1 proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau organisasi) dan pihak (kelompok atau organisasi) yang lain, atau 2. penyelesaian sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

Sedangkan kompromi adalah persetujuan dengan jalan damai atau saling mengurangi tuntutan (tentang persengketaan dan sebagainya). Keduanya memiliki arti yang tidak berbeda jauh. Intinya adalah keduanya mencari kesepakatan untuk menyelesaikan suatu masalah melalui komunikasi, baik secara formal maupun non-formal.

Dalam melakukan negosiasi maupun kompromi, dibutuhkan strategi agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan atau bisa saja keduanya tidak mendapatkan keuntungan sama sekali, yaitu:

  1. Strategi menang-menang (win-win solution)

Pada strategi ini, kedua belah pihak berada pada posisi menguntungkan karena dalam perundingan diupayakan menciptakan suasana yang memberikan kesan tidak ada pihak yang kalah dengan mengetengahkan pemberian atau keuntungan yang terbaik secara jujur dan adil. Setidaknya ada 3 (tiga) jenis kesuksesan yang bisa tertangkap dengan cara ini:

  • Strategi komunikasi menjadi lebih mudah karena mempunyai tujuan bukan untuk mengalahkan partner, melainkan untuk membantunya (kompromi)
  • Keuntungan win-win solution dalam komunikasi strategi adalah sebuah keuntungan tidak terbatas, karena proyek akan menjadi lebih sempurna dan proyek-proyek selajutnya akan terbuka.
  • Hati yang gembira akan menjadi milik Anda juga partner. Tidak ada hal yang lebih berharga dari suasana hari kita ketika mengerjakan sesuatu sendiri maupun dengan orang lain atau tim.
  1. Strategi Menang Kalah (win-lose solution)

Strategi ini bertujuan untuk memperoleh kemenangan dengan keinginan untuk mengalahkan pihak lain, sehingga menguntungkan diri sendiri dan merugikan pihak lain. Penguasaan strategi menang-kalah tidak dianjurkan karena sering menimbulkan konflik berkepanjangan.

  1. Strategi kalah kalah (lose-lose solution)

Merupakan strategi yang merugikan kedua belah pihak di mana keduanya merupakan pihak yang kalah karena perundingan cenderung tidak menggunakan akal pikiran yang sehat, hanya melampiaskan kemarahan dan emosi sehingga tidak akan dapat menyelesaikan masalah.

Gimana? Sudah paham sedikit tentang teknik negosiasi dan kompromi? Kalau kamu mau mendalami wawasan dan mencari tahu lebih lanjut seputar strategi negosiasi dan kompromi, coba ikutan pelatihannya di goKampus university yuk! Di kelas ini, kamu dapat mempelajari cara mengubah sudut pandang, mengendalikan situasi, serta mencari solusi terbaik akan sebuah masalah dengan pengajar yang berpengalaman dan menjabat sebagai Managing Principal di Sovereign’s Capital. Yuk, buruan daftar kelasnya!

Pelajaran Lainnya

Menu