Pengenalan ke Migrasi Database AWS

AWS Training & Certification
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Amazon Web Services
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
0 Video (14 Slides)
0 Materi PDF
Gratis Rp 25.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Data adalah aset paling berharga, dan bila digunakan dengan benar, data membantu suatu perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas, mendorong pertumbuhan, dan meningkatkan profitabilitas. Namun, menurut Experian, 66% organisasi tidak mengambil pendekatan terpusat terhadap data dan malah memisahkan menjadi silo data. Masalah dengan data silo adalah membayangkan bagaimana data akan didistribusikan jika perusahaan menggunakan 12 aplikasi yang berbeda. Tidak mengherankan, ini menghasilkan komunikasi yang buruk antara departemen, sistem, dan proses, sehingga tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis. Selain itu, membuat keputusan yang tepat dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Dalam suatu badan, tentunya masing-masing divisi yang terlibat memiliki datanya masing-masing. Jika kita bayangkan dalam suatu divisi memiliki ribuan data, dan dalam perusahaan terdapat lebih dari 20 divisi, maka akan banyak sekali data dalam satu server. Untuk itu, idealnya suatu badan melakukan migrasi data.

Migrasi data adalah proses pemindahan data dari satu lokasi ke lokasi baru yang memiliki sistem yang lebih baik dari lokasi penyimpanan data sebelumnya. Dalam proses migrasi data, data yang dipindahkan tidak hanya berubah dari segi penyimpanan, tetapi juga berubah format. Proses inti meliputi perencanaan, pencadangan data, pengujian kualitas, dan validasi hasil akhir.

Terdapat beberapa macam jenis migrasi data, diantaranya Storage Migration, Database Migration, Application Migration, Data Center Migration, Business Process Migration and Cloud Migration. Menjadi salah satu proses migrasi data yang paling populer saat ini, migrasi cloud memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga dapat digabungkan dengan jenis migrasi lainnya. Migrasi jenis ini didefinisikan sebagai proses pemindahan data dari pusat data fisik ke pusat data virtual yang dijalankan berdasarkan konsep cloud computing. Hal ini dikarenakan dengan Cloud Computing pengguna dapat mengakses program dan aplikasi secara online, atau tanpa instalasi aplikasi users, cukup dengan melakukan log in saja. Tanpa instalasi aplikasi, maka data pengguna akan disimpan secara virtual tanpa mengurangi kapasitas memori komputer

Proses migrasi data memiliki banyak keuntungan, terutama bagi perusahaan yang berbasis layanan digital. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya. Ini memberikan jaminan penyimpanan data yang komprehensif dan built-in. Anda dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda dengan mengurangi anggaran Anda untuk membeli media dan penyimpanan data yang tidak efektif. Mengurangi risiko korupsi data yang dapat berdampak pada operasi bisnis Anda, memanfaatkan teknologi saat ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda, dan mendukung penggunaan sumber daya yang dapat dioptimalkan untuk kemajuan bisnis di masa depan.

Dalam kelas ini, Anda akan belajar cara melakukan migrasi basis data produksi menggunakan AWS Database Migration Service (AWS DMS) dan AWS Schema Conversion Tool (AWS SCT). Anda akan diperkenalkan ke proses migrasi basis data penuh, mulai dari penggambaran hingga dukungan pascaproduksi.
AWS DMS membantu Anda bermigrasi data ke AWS dari basis data umum dengan cepat dan aman, semua sambil tetap operasional untuk meminimalkan waktu henti aplikasi. AWS SCT memungkinkan Anda memodernisasi aplikasi dengan melakukan migrasi skema dan aplikasi ke basis data cloud seperti Amazon Aurora PostgreSQL.

Dalam kelas ini, Anda akan mempelajari cara:
• Memigrasi basis data produksi.
• Menggunakan AWS SCT untuk membantu Anda bermigrasi dan memodernisasi skema, aplikasi, serta skrip Anda.
• Menggunakan AWS DMS untuk melakukan pemindahan awal data yang ada, dan mengatur replikasi yang sedang berlangsung saat Anda bermigrasi semua aplikasi dan layanan.

Kelas ini mencakup konsep berikut:
• Migrasi basis data ke AWS
• Migrasi skema
• Migrasi Data
• Pelatihan dan dukungan

Melihat pentingnya peran dari migrasi data bagi suatu perusahaan, gokampus bekerjasama dengan AWS membuka program untuk kamu-kamu yang ingin menjadi expert dalam bidang database yang tentunya akan sangat berguna untuk pengembangan karir kamu nih. Mau tau lebih lanjut mengenai Data migration langsung saja daftar kelas yang satu ini!

Pelajaran Lainnya

Menu