Pengenalan Integrasi Aplikasi di AWS

AWS Training & Certification
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Amazon Web Services
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
1 Video (4m 31d)
0 Materi PDF
Gratis Rp 25.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Dalam setiap server instansi pastinya memerlukan API Gateway. API Gateway adalah suatu service yang dibuat khusus dan dijadikan sebagai pintu utama atau entry point dari dunia luar untuk masuk ke dalam service-service kita. API gateway pattern kadang disebut juga sebagai “Back end for Fronend” atau BFF karena kita membuatnya sambil memikirkan kebutuhan frontend. Dikarenakan hal-hal di atas maka api gateway akan berada di antara client dan service-service kita. API Gateway juga berfungsi sebagai reverse proxy yang berfungsi untuk merouting request dari client kita dan menangani semua request yang dating dari berbagai platform.

Dikarenakan fungsinya sebagai pintu utama, API Gateway menjadi sangat penting dalam sebuah instansi sehingga perlu diperhatikan. Dengan semakin tumbuhnya aplikasi kita maka api gateway menjadi sangat penuh dikarenakan banyaknya permintaan yang berbeda-beda antara client yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, baiknya API Gateway harus dipisahkan berdasarkan batasan bisnis dan aplikasi klien, dan tidak bertindak sebagai agregator tunggal untuk semua layanan mikro internal. Ini sangat berresiko jika api gateway mati atau bermasalah masa semua platform yand di punya bermasalah juga.

Sementara AWS Step Functions adalah layanan alur kerja visual kode rendah yang digunakan pengembang untuk membangun aplikasi terdistribusi, mengotomatisasi TI dan proses bisnis, serta membangun jalur data dan pembelajaran mesin menggunakan layanan AWS. Step Functions mengelola kegagalan, percobaan ulang, paralelisasi, integrasi layanan, dan observabilitas sehingga pengembang dapat fokus pada logika bisnis bernilai lebih tinggi. Step Functions mengelola status, titik pemeriksaan, dan proses mulai ulang agar Kamu dapat memastikan bahwa alur kerja Kamu berjalan secara teratur dan sesuai dengan yang diharapkan. Step Functions menawarkan dua jenis alur kerja – standar atau Ekspres – yang dapat digunakan tergantung pada kasus penggunaan spesifik Kamu. Alur Kerja standar digunakan untuk mengelola beban kerja yang berjalan lama. Alur Kerja Ekspres mendukung beban kerja pemrosesan peristiwa bervolume tinggi.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai alat Layanan Aplikasi seperti API Gateway dan Step-Functions, yang dapat digunakan oleh pengembang bersama dengan beberapa layanan AWS penting lainnya untuk membangun aplikasi berbasis cloud, goKampus bekerjasama dengan Amazon Web Service (AWS) menyelenggarakan kelas yang tersertifikasi untuk mempelajari API Gateway dan Step Functions dengan biaya yang lebih terjangkau. Daftarkan dirimu sekarang dan dapatkan peningkatan skill yang luar biasa ini dalam genggamanmu.

Pelajaran Lainnya

Menu