Pemrograman Berdasarkan Objek Java OOP

Curriculum Developer KODE
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Fauzan Affan
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
7 Video (1j 10m)
0 Materi PDF
Rp 149.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Jika Anda sedang belajar programming, mungkin OOP pada Java adalah istilah yang sering didengar. Pengertian OOP adalah konsep yang dapat membantu programmer untuk meminimalisir timbulnya bug, serta membuat proses pembuatan aplikasi dapat selesai lebih cepat.

OOP sendiri adalah singkatan dari Object Oriented Programming. Dalam bahasa Indonesia, padanan istilah untuk OOP adalah PBO (Pemrograman Berorientasi Objek). Kelebihan dari OOP pada Java adalah dengan menggunakannya Anda tak perlu menuliskan kode berulang-ulang dalam sebuah script yang panjang. Metode pemrograman yang satu ini sangat berorientasi pada objek.

Tujuan OOP adalah untuk dapat memudahkan pengembangan suatu program aplikasi. OOP memiliki berbagai variabel dan fungsi yang dikemas dalam objek dan class sehingga, keduanya dapat saling berinteraksi untuk membentuk sebuah program.

Konsep Dasar OOP Java

Jika ingin mempelajari OOP java, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai konsep OOP pada Java. Konsep ini adalah dasar dari OOP. Berikut penjelasannya.

  1. Class
    Sebuah konsep OOP yang digunakan untuk membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam gambaran isi dan tingkah laku sebagai entitas.
  2. Object
    Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program. Merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah OOP.
  3. Abstraksi
    Proses representasi data dan program dalam bentuk sama dengan pengertiannya (semantik) dengan menyembunyikan rincian atau detail implementasi.
  4. Encapsulation
    Merupakan pembungkus, artinya membungkus class dan menjaga apa saja yang ada di dalam class tersebut. Baik method ataupun atribut agar tidak bisa diakses oleh class lainnya.
  5. Polimorfisme
    Merupakan suatu kejadian ketika object dapat mengungkapkan banyak hal melalui suatu cara yang sama.
  6. Inheritance
    Makna inheritance atau pewarisan adalah sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain.

Menurut kamu apakah sulit menerapkan Java OOP? Kalau kamu ingin mendalami lebih jauh seputar Java OOP, kamu bisa ikutan kelas online di goKampus. Di kelas, kamu akan mempelajari gaya penulisan coding yang berbeda dengan prosedural dan membahas tentang bagaimana konsep OOP di JAVA yang banyak digunakan oleh berbagai macam framework. Kelasnya dijamin seru! Yuk, daftar segera.

Prasyarat:
Sebelum mempelajari Course ini, kalian diharapkan mampu mengoperasikan dasar-dasar Java.

Pelajaran Lainnya

Menu