Mengetahui Dasar C++

Programmer & Curriculum Developer
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Fauzan Affan
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
19 Video (1j 35m)
0 Materi PDF
Rp 149.000 Rp 299.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Bahasa pemrograman C++ banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang masih pemula, belajar bahasa pemrograman ini bisa menjadi langkah tepat untuk membangun karier sebagai seorang developer andal. 

Apa itu Bahasa Pemrograman C++?

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Misalnya, aplikasi pengolah gambar, software gadget, game, hingga sistem operasi baru. Bahasa ini dikembangkan dari bahasa pemrograman C. Jadi, dua bahasa ini memiliki sintaks dan struktur kode yang sama. Bedanya, C++ merupakan Object Oriented Programming (OOP) sedangkan C merupakan bahasa pemrograman prosedural.

Secara keseluruhan, bahasa pemrograman ini memiliki data dan function yang disatukan dalam kelas dan objek untuk bekerja sama memecahkan sebuah masalah. Jadi ketika Anda ingin mengubah fungsi, tidak perlu mengubah keseluruhan program. Dengan begitu, pengubahan kode akan lebih fleksibel.

Belajar bahasa pemrograman dengan baik memungkinkan Anda untuk dapat mengembangkan berbagai macam program dengan mudah. Mulai dari aplikasi, games, database hingga media player. Selain itu, bahasa pemrograman ini tidak terlalu sulit jika Anda sudah tahu konsep dasarnya, meliputi variabel, control structure, data structure, dan syntax. Jangan lupa juga untuk menguasai tools yang diperlukan untuk belajar C++.

Contoh Program C++

  1. Aplikasi Grafis
    Coding C++ banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi pengolah grafis. Misalnya, Adobe Photoshop Adobe Illustrator, Adobe dan Premiere. Sebagian aplikasi ini membutuhkan proses image processing yang cukup intensif dan bahasa pemrograman ini dianggap cukup sesuai untuk membangun program tersebut.
  2. Software Games
    Bahasa pemrograman C++ juga digunakan untuk mengembangkan software games 3D yang rumit. Salah satu game terkenal yang dikembangkan dengan C++ adalah Call of Duty: Black Ops II. C++ cocok untuk pengembangan game karena kebutuhan proses eksekusi yang cepat.
  3. Browser
    Banyak browser dikembangkan dengan bahasa pemrograman C++ seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Salah satu alasannya adalah portability yang dimiliki oleh C++. Sebab, sebuah browser tentu akan dibuat agar multiplatform untuk memudahkan pengguna.
  4. Akses Database
    Bahasa pemrograman C++ banyak digunakan untuk mengembangkan database.  Misalnya, MySQL dan MongoDB. Sebab, bahasa pemrograman buatan Bjarne Stroustrup ini termasuk bahasa modern yang portable untuk mengakses banyak library database.
  5. Media Player
    Bahasa pemrograman yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi media player seperti Winamp Player yang cukup mumpuni sebagai media untuk memainkan file audio dan video.
  6. Sistem Operasi
    Sebagian besar sistem operasi dikembangkan dengan C++, seperti Windows dan Mac OS. Namun tentu saja dengan didukung oleh bahasa pemrograman lain, misalnya Swift. Salah satu alasan utama penggunaan coding C++ pada sistem operasi adalah kecepatan eksekusi di komputer yang menjadi kunci sebuah OS dapat berjalan dengan baik

Kamu tertarik mendalami wawasan tentang dasar C++? Coba ikut pelatihannya di goKampus university yuk! Di kelas ini, kamu akan mempelajari bahasa pemrograman modern mulai dari apa dan mengapa C++, menginstall IDE, membuat Hello World!, shape, berkenalan dengan variable, tipe data, strings, numbers, menangkap input dari user, hingga membuat kalkulator dan game sederhana. Kelasnya dijamin seru! Yuk, segera daftar.

Pelajaran Lainnya

Menu