Mengenal Laporan Keuangan

Praktisi Perbankan
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Rachma Utami, S.E., M.AB
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
3 Video (1j 15m)
3 Materi PDF
Rp 99.000 Rp 299.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Setiap bisnis, baik perusahaan maupun perorangan, pasti memiliki laporan keuangan. Soalnya, dengan pengelolaan laporan yang baik, setiap pengusaha bisa mengelola bisnisnya dengan lancar dan memperoleh keuntungan yang maksimal.

Laporan keuangan sendiri adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan keuangan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode atau tahun buku yang tercatat. Nah, dalam membuat laporan harus melalui proses audit sehingga isi laporan tersebut teruji reliabilitasnya.

Penyusunan laporan ini bertujuan untuk mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang telah direncanakan dalam pencapaian hasilnya. Pada dasarnya, suatu laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi sebagai alat komunikasi antara data keuangan atau kegiatan suatu perusahaan dengan data atau aktivitas tersebut.

Manfaat Laporan Keuangan

Adanya laporan semacam ini sangat berpengaruh bagi setiap pihak, baik pihak eksternal dan internal bisnis. Berikut beberapa manfaatnya.

  1. Bagi Pengelola (Direksi & Manajemen)
    Bagi manajemen perusahaan, manfaat laporan keuangan memberikan informasi yang digunakan dalam mengambil keputusan. Evaluasi usaha yang sedang berjalan, melakukan budgeting dan kontrol internal. Kalau informasi keuangan yang diberikan akurat, maka pengelola bisa mengambil keputusan dengan benar berdasarkan data-data yang dimiliki
  1. Buat Investor/ Owner
    Investor atau owner yang berkepentingan dengan informasi yang berhubungan dengan risiko seputar investasi modal, sangat membutuhkan laporan keuangan. Soalnya, informasi tersebut bisa membantu mengambil keputusan apakah harus menambah modal, mengurangi atau menjual sahamnya. Namun, investor juga perlu menilai kemampuan perusahaan membayar dividen/ bagi hasil
  1. Supplier
    Laporan dari perusahaan ini juga sangat dibutuhkan pihak supplier dan pemberi utang jangka pendek. Soalnya, mereka membutuhkan informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar utang jangka pendek supaya gak terjadi kredit macet. Informasi keuangan juga membantu supplier untuk menentukan jumlah piutang yang diberikan dan jangka waktunya
  1. Bagi Pemerintah
    Pemerintah ternyata juga memerlukan laporan keuangan. Buat mereka, manfaatnya dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar suatu pajak. Jadi jelas sangat membantu pemerintah dalam membuat sebuah laporan pajak bagi setiap masyarakat.
  1. Untuk Pemberi Pinjaman
    Laporan keuangan sangat dibutuhkan pihak pemberi pinjaman. Soalnya, mereka berkepentingan dengan informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar utang beserta bunganya dengan tepat waktu. Nah, ini bisa menjadi acuan pemberi pinjaman untuk menentukan besar plafon, bunga, dan jangka waktu yang diberikan.

Ternyata banyak kan fungsi laporan keuangan buat kebutuhan bisnis? Kalau kamu mau menambah ilmu seperti komponen, karakteristik, tujuan, dan contoh lainnya, coba ikutan pelatihannya di goKampus university yuk! Di kelas ini, kamu bisa mengulik ilmu laporan keuangan dari pengajar yang berpengalaman di Perbankan selama 7 tahun!

Pelajaran Lainnya

Menu