Mendesain Icon di Adobe Illustrator

Founder T&DON
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Fendy Alwi
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
16 Video (2j 51m)
0 Materi PDF
Rp 75.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Siapa di sini yang sedang belajar adobe illustrator? Adobe illustrator sendiri merupakan sebuah software desain grafis, pengolah dan pengedit gambar yang berbasis vektor. Dalam penggunaannya, adobe illustrator menjadi standar software desain grafis yang digunakan oleh para desainer profesional saat ini. Alasannya, adobe illustrator memiliki banyak sekali tools khusus dan bisa terintegrasi dengan software adobe lainnya, seperti after effect, adobe premiere, dan lainnya.

Selain itu, adobe illustrator juga mampu menangani file-file gambar atau desain berukuran besar. Karena software ini dirancang dengan performa yang handal, meski harus didukung perangkat yang memadai.

Dasar-Dasar Adobe Illustrator

  1. Penggunaan Shape

Dalam membuat karya di adobe illustrator, kamu tidak harus jago menggambar. Soalnya, software seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Adobe Photoshop hanya memanfaatkan fungsi tools yang ada di software tersebut. Hal ini sangat penting untuk kamu kuasai karena dengan modal shape berbentuk persegi, lingkaran, dan segitiga, kamu bisa membuat beragam bentuk baru seperti karakter, pemandangan, dan desain lain.

  1. Pen Tool

Untuk memaksimalkan penggunaan Shape Tool, kamu perlu Pen Tool. Pen Tool digunakan untuk membuat bentuk yang tidak diciptakan oleh bentuk yang ada di Shape Tool. Fungsi lainnya adalah dapat menggambar sesuatu yang bentuknya sesuai dengan keinginan kita, misalnya tracing wajah. Bentuk rambut, mata, hidung, telinga, dan lainnya yang tidak bisa diciptakan dengan shape tool, semuanya bisa dibuat dengan Pen Tool.

  1. Zoom In Zoom Out

Saat menggunakan adobe illustrator, kamu harus gercep (gerak cepat) dalam menggunakan shortcut keyboard supaya pekerjaanmu lebih mudah. Salah satu shortcut penting adalah zoom in (perbesar) dan zoom out (perkecil). Kalau kamu menggunakan Zoom Tool, kamu harus menggerakkan kursor, mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi zoom tool lagi. Sementara dengan shortcut CTRL dan + (zoom in) dan CTRL dan – (zoom out) kamu bisa membuat objek lebih cepat lagi.

  1. Posisi Objek

Ini adalah salah satu hal dasar penting dalam menggunakan Adobe Illustrator bagi pemula. Kamu harus berlatih mengingat dan membuat posisi objek berada di depan atau belakang objek lainnya. Posisi ini akan mempermudah kamu dalam membuat objek dan menyatukan bentuk menjadi sebuah objek baru. Shortcut untuk mengatur posisi objek di Adobe Illustrator adalah dengan menekan CTRL + ] (objek berada di depan objek lainnya) dan CTRL + [ (objek berada di belakang objek lainnya).

  1. Pathfinder

Pathfinder berfungsi untuk membuat 2 objek menjadi 1 objek baru. Penggabungan pada Pathfinder ini dapat menghasilkan bentuk yang berbeda-beda dari 2 objek yang sama berdasarkan dari Pathfinder jenis apa yang kita gunakan.

  1. Shape Builder Tool

Fungsinya adalah untuk membuat objek baru dari gabungan beberapa objek maupun menghapus bentuk atau garis dari gabungan objek yang ada.

  1. Clipping Mask Dan Gradasi

Berfungsi untuk menambahkan gambar/ objek ke dalam objek lain. Biasanya, Clipping Mask digunakan untuk menambahkan gambar ke dalam objek ataupun ke dalam teks.

Sementara, gradasi pada Adobe Illustrator ada 3 jenis yang dihasilkan oleh Gradient Tool. Gradasi pada Gradient Tool terdiri atas gradasi linear dan gradasi radial (lingkaran)

  1. Group dan Ungroup

Shortcut ini membuat beberapa objek menjadi 1 grup tanpa mengubah bentuk dari masing-masing objek. Caranya adalah dengan menggunakan CTRL + G. Sementara shortcut untuk melepaskan objek kembali/ ungroup adalah dengan menggunakan CTRL + SHIFT dan G secara bersamaan.

  1. Menyimpan File

Ada 2 cara menyimpan file Adobe Illustrator, yaitu dengan menu save/ save as dan Export. Jadi, kalau kamu mau menyimpan karya ke dalam format PNG/ JPG, kamu tidak akan bisa menggunakan save/ save as karena tidak ada pilihannya..

Itu tadi tutorial Adobe Illustrator dasar untuk pemula agar bisa menjadi desainer profesional. Kalau kamu ingin lebih jago mendesain icon di Adobe Illustrator, kamu bisa ikutan pelatihan  di goKampus university! Di kelas ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu dari profesional spesialis desain presentasi dan pendiri T&DON. Seru kan? Buruan ikutan.

Prasyarat:
Sebelum mempelajari Course ini, pastikan kalian menguasai dasar-dasar Adobe Illustrator

Pelajaran Lainnya

Menu