Konsep-Konsep Dasar Pemasaran

Dosen Universitas Indonesia
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Rangga Wiwesa, CICS
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
3 Video (1j 2m)
3 Materi PDF
Rp 99.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat banyak pebisnis mulai mencari cara pemasaran terbaik, bahkan mulai dari konsep dasarnya. Dengan memahami konsep dasar pemasaran, perusahaan dapat menentukan strategi bisnis yang sesuai dengan produk dan layanan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Ada 5 konsep dasar pemasaran yang ideal untuk para pebisnis.

5 Konsep Dasar Pemasaran

  1. Konsep Produksi
    Jika konsumen menyukai produk yang terjangkau dan tersedia dalam jumlah banyak, maka menuntut manajemen lebih fokus pada proses produksi dan distribusi. Konsep ini fokus untuk meningkatkan produksi dan menghasilkan barang murah agar dapat meminimalisir biaya produksi. Dengan konsep produksi ini, pasokan produk akan selalu tinggi dan tidak terjadi kelangkaan barang. Jadi, semakin banyak produk yang diproduksi, penjualan akan semakin meningkat.
  2. Konsep Produk
    Konsep ini membuat pelanggan lebih menyukai produk yang berkualitas, berguna, dan memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan. Selain itu, Anda harus memenuhi permintaan dan keinginan pelanggan. Caranya dengan fokus pada strategi marketing serta meningkatkan kualitas dan fitur produk. Perusahaan juga bukan cuma memberi identitas pada produk, tapi menambahkan nilai fungsionalnya, sehingga pelanggan bisa merasakan manfaat dari produk tersebut.
  3. Konsep Penjualan
    Konsep ini memungkinkan pelanggan tidak akan membeli barang Anda, kecuali melakukan penjualan dan promosi dalam skala besar. Konsep ini membuat para pelaku bisnis harus melakukan kegiatan promosi terus-menerus.Konsep penjualan biasanya diterapkan pada perusahaan besar yang sering kali membuat campaign promo besar-besaran. Misalnya, iklan produk rokok atau e-commerce.
  4. Konsep Pemasaran
    Konsep ini berorientasi pada pelanggan. Perusahaan akan menempatkan pelanggan pada proses pemasaran yang dilakukan. Jadi, Anda perlu membangun strategi yang dapat membuat pelanggan yakin membeli produk tersebut. Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah content marketing, periklanan, periklanan, influencer marketing, dan native advertising. Atau, bisa juga mengkombinasikan beberapa strategi sekaligus untuk membangun branding produk kepada pelanggan.
  5. Konsep Pemasaran Sosial
    Cara ini adalah salah satu konsep modern dan terbaru dalam pemasaran. Dengan menerapkan konsep ini, perusahaan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, konsep pemasaran sosial menempatkan kesejahteraan manusia dan keseimbangan alam di atas keuntungan jangka pendek. Perusahaan yang menjalankan konsep ini akan lebih fokus ke keuntungan jangka panjang dengan memastikan produk yang dipasarkan menambah pemasukan masyarakat sekitar dan tidak membahayakan lingkungan.

Tertarik mempelajari konsep-konsep dasar pemasaran lebih lanjut? Ikutan kelas online di goKampus university yuk! Di kelas ini, kamu akan belajar mengembangkan pemikiran strategis dan analitis dalam mengembangkan strategi manajemen pemasaran dengan mengoptimalkan alat yang tersedia. Didukung pengajar yang merupakan dosen Universitas Indonesia, Rangga Wiwesa, kelasnya dijamin seru!

Pelajaran Lainnya

Menu