Formulating SEO Content Plan That Fits Your Company Needs

Digital Marketing Specialist di GITS.ID | Google Certified
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Jacqueline J
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
1 Video (58m 15d)
0 Materi PDF
Rp 99.000 Rp 149.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Lalu, mengapa masih banyak yang tidak bisa memahami cara meningkatkan traffic lewat SEO? SEO era modern saat ini bukan hanya tentang teknikal, backlink saja. Namun peran konten yang disajikan oleh website kepada penggunanya sangatlah penting.

Panduan Umum Membuat Content Plan

Sebelum menentukan SEO, pastikan sudah membuat content plan dan strategi. Seperti apa cara membuat content plan?

  1. Tentukan Tujuan
    Ketika membuat content plan, hal pertama adalah memikirkan tujuan yang ingin diraih. Untuk itu, diperlukan adanya pembuatan content strategy terlebih dahulu. Di dalam content strategy ini, selain tujuan yang ingin diraih, terdapat pula penentuan target pasar yang nantinya ingin dijangkau.
  2. Kategori yang Jelas
    Setelah mengetahui jenis konten dan audiens yang ingin dijangkau, saatnya untuk melakukan kategori. Sebagai suatu brand, tentunya ada beberapa hal yang bisa menjadi fokus utama Anda.
  3. Kalender Editorial
    Buat kalender editorial yang di dalamnya berisi seluruh data lengkap tentang konten yang diperlukan. Sangat disarankan untuk membuat spreadsheet yang isinya kategori, jadwal tanggal, prioritas, status dan jadwal deadline. Anda juga harus menyesuaikan dengan keperluan.
  4. Memilih Platform
    Perhatikan kembali nilai yang dianut oleh brand dan target pasar di dalamnya. Setelah itu, coba untuk menentukan platform. Soalnya, ada beberapa platform yang cocok untuk anak muda dan ada juga yang lebih didominasi oleh orang tua. Setelahnya, Anda memilih jenis konten yang ingin Anda upload di platform tersebut.
  5. Membuat Konten Alternatif
    Anda juga harus memikirkan isi dari konten tersebut. Saat Anda ingin membuat content plan, salah satu hal yang terpenting adalah memikirkan apa yang diinginkan oleh target pasar. Contohnya, membuat suatu konten di blog kemudian mencoba untuk mencari alternatif selain teks yang diperlukan dan diinginkan oleh user atau pembaca blog Anda.
  6. Riset Seputar Topik
    Di dalam content plan, sangat penting untuk melakukan riset topik yang ingin dijadikan konten. Mulai dari keyword, angle tulisan yang baik, hingga isi konten terkait topik tersebut. Bila konten Anda lengkap dan bermanfaat, otomatis engagement akan tinggi. Anda bisa menyelenggarakan kuis atau polling agar konten yang dibuat lebih interaktif.

Apakah sulit menerapkan SEO Content Plan? Tergantung. Kalau kamu menguasai ilmu dasarnya, pasti bisa. Kamu juga bisa belajar banyak hal tentang SEO dan content di kelas online goKampus. Di kelas ini, kamu akan mempelajari:

  1. SEO dasar 
  2. Pentingnya memiliki rencana konten SEO yang bagus
  3. Memahami kebutuhan Pemasaran Perusahaan
  4. Cara membuat rencana konten SEO berdasarkan kebutuhan Perusahaan

Kamu juga bisa menggali lebih jauh tentang SEO Content Plan dari spesialis pemasaran digital yang berpengalaman bekerja di industri teknologi. Yuk, daftar dan ambil ilmunya!

Pelajaran Lainnya

Menu