Etika Berkomunikasi Di Era Digital

Business Coach
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Richie Indrajaya
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
10 Video (1j 16m)
0 Materi PDF
Rp 75.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Era digital membuat komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Saking cepatnya, telah terjadi kebebasan penggunaan yang kebablasan sehingga etika dalam interaksi sosial di internet terabaikan. Minimnya kesadaran masyarakat terkait etika platform digital, justru bisa memicu beberapa masalah sosial. Penggunaan media digital seharusnya didasarkan pada niat, sikap, dan perilaku etis demi kebaikan dan meningkatkan kualitas kemanusiaan.

Etika sendiri adalah bagian dari nilai-nilai moral dan prinsip tentang benar dan salah serta menjadi cermin kebiasaan, tradisi, dan kebudayaan masyarakat. Karena masyarakat di dunia ini punya keragaman budaya dan latar belakang berbeda, etika sangat dibutuhkan untuk saling menghargai, misalnya bermedia sosial saat berkomunikasi menggunakan kata-kata yang sopan.

Fungsi Etika Komunikasi

Dikutip dari berbagai sumber, etika berkomunikasi dalam kehidupan sosial memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Sebagai Landasan Moral

Etika komunikasi mampu membangun landasan moral sesama manusia. Misalnya berkomunikasi dengan bahasa yang baik, berperilaku sopan saat berbicara, dan sebagainya sehingga memperlihatkan cara orang tersebut saat berinteraksi.

  • Mempermudah Proses Penyampaian Pesan

Dengan menjalankan etika komunikasi, setiap orang akan lebih mudah dalam menyampaikan dan menerima pesan. Karena bahasa yang digunakan mudah dimengerti kedua belah pihak.

  • Panduan Manusia Dalam berkomunikasi

Fungsi lainnya ialah sebagai panduan manusia dalam bersosialiasi. Panduan ini meliputi penggunaan bahasa, baik lisan maupun tertulis, hingga cara berperilaku.

Bijak Berkomunikasi Di Media Sosial

Melalui beberapa cara berikut ini, kita bisa menggunakan media sosial secara bijak dan menjaga etika meski tak bertatap muka.

Jangan Asal Posting

Kamu harus sadar kalau akun media sosial, termasuk semua postinganmu bisa dilihat publik. Oleh sebab itu, kamu harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum mempostingnya di media sosial. Meski platform media sosial saat ini punya fitur privasi yang bisa kamu atur, namun tidak ada salahnya menggunakan media sosial dengan lebih baik dan bermanfaat sehingga tidak menyinggung pihak lain.

Tak Perlu Detail Mencantumkan Informasi

Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail. Soalnya, kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai. Protect your privacy!

Filter Akun yang Di Follow

Media sosial ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental, sehingga sering membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan kita. Padahal, semua yang tampil di media sosial hanya kulit luar yang tidak diketahui isi sebenarnya. Untuk mengatasi hal itu, follow akun-akun bermanfaat, menghibur, atau yang bisa menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang dirasa toxic dan tidak memiliki manfaat apapun.

Apakah kamu sudah menerapkan etika berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari? Kalau kamu ingin mendalami wawasan seputar etika komunikasi di era digital, coba ikutan pelatihannya di goKampus university yuk! Di kelas ini, kamu bisa menggali lebih jauh tentang komunikasi dari pengajar yang menekuni bisnis profesional selama bertahun-tahun. Yuk buruan ikutan!

Prasyarat:
Sebelum mempelajari Course ini, pastikan kalian memiliki minat di bidang komunikasi, ataupun pengalaman di bidang PR atau Marketing Communication.

Pelajaran Lainnya

Menu