Dasar-Dasar SEO

SEO Agency Owner
Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.
Aulia Naratama
Pengajar
Mendapatkan Sertifikat
[gokenrolled_learndash] murid mengikuti kelas ini
18 Video (2j 8m 26d)
0 Materi PDF
Rp 99.000 Rp 149.000

Promo 12.12 Harbolnas goKampus University
Diskon sampai 50% (max. Rp150ribu). Berlaku sampai 31 Desember 2021. Kupon tidak bisa digabung dengan kupon lain.

Tentang Pelajaran Ini

Apa itu SEO? Apakah fungsinya hanya untuk meraih peringkat teratas di Google? Sebelum kita bahas lebih lanjut, cari tahu dulu yuk. SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

Dari sekian banyak mesin pencari (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), SEO Google adalah yang paling diutamakan Soalnya Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet. Setidaknya ada sekitar 3,5 miliar per hari pencarian lewat Google. Menurut Statista, Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari.

Manfaat Mempelajari SEO

Ada sejumlah manfaat belajar SEO bagi pemilik blog, web, atau toko online, yaitu:

  • Meningkatkan Traffic Organik ke Website

Menggunakan teknik SEO bisa membantu Anda untuk menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat, sehingga mudah ditemukan di mesin pencari. Jika teknik SEO yang Anda gunakan berhasil, maka traffic organik akan meningkat dan tentu saja pengunjung website Anda menjadi semakin banyak.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Menggunakan SEO yang diaplikasikan dalam website atau situs bisnis bisa membantu Anda membangun brand awareness untuk usaha yang Anda jalankan. Bahkan bisa sekaligus membangun personal branding diri Anda sendiri. 

Selain manfaat, ada juga yang diketahui bagaimana mengoptimasi SEO saat menggunakan search engine:

  • Melakukan evaluasi tren statistik kata kunci setiap tiga bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari tren kata kunci yang sedang turun dan mendapatkan kata kunci lain yang berpotensi menaikkan minat baca
  • Selalu cek posisi situs pada mesin pencari. Agar data hasil pencarian valid, sebaiknya hapus cache & cookies pada setiap internet browser terlebih dulu
  • Sebarkan link situs ke situs lain. Tujuannya, untuk meningkatkan dan mempertahankan posisi situs pada mesin pencari.

Bedanya Dengan SEM?

SEM (search engine marketing) sendiri adalah jenis pemasaran yang memungkinkan bisnis membayar untuk peringkat dan iklan yang lebih baik yang meningkatkan lalu lintas ke situs web mereka. Nah, SEM memungkinkan bisnis untuk memilih kata kunci yang terkait dengan industri, produk, atau layanan mereka. Jadi, konsumen mencari item yang menyertakan istilah pencarian tersebut, sehingga meningkatkan kemungkinan situs web bisnis muncul di hasil mesin pencari.

Perbedaannya dengan SEO dilihat dari kebutuhannya, misalnya metode pencarian yang hendak digunakan, strategi kata kunci atau konten berbayar, hingga jangka waktu penggunaan di mesin pencarian.

Tertarik meningkatkan bisnis dengan strategi SEO? Kalau kamu mau mendalami wawasan seputar SEO, ikutan pelatihannya di goKampus university saja! Di kelas ini, kamu akan mempelajari hal yang mendasar seperti Search Engine bekerja, peran SEO di Digital Marketing, beda SEO dengan SEM, dan tahapan menjalankan SEO dari profesional khususnya di SEO dan digital marketing. Penasaran? Yuk daftar.

Pelajaran Lainnya

Menu